Suka Seni? Ternyata Ada Jurusan Seni Terbaik di Indonesia

 

Gambar terkait

Banyak anak muda pasti mempunyai impian masing-masing, ada yang bercita-cita jadi guru, pilot, ahli mesin atau seorang seniman. Setelah lulus dari sekolah menengah atas anda pasti akan dituntut untuk melanjutkan pendidikan ke level yang lebih tinggi. Jika anda tertarik pada dunia seni baik menjadi seorang pelukis, penari, sutradara atau seorang animator.

Ternyata di Indonesia ada perguruan tinggi seni yang bisa anda pilih sebagai tempat menuntut ilmu. Selain memilih jurusan seni yang tepat, memilih tempat kuliah kesenian yang tepat juga penting. Berikut adalah daftar kampus dengan jurusan seni terbaik di Indonesia. Berikut ini perguruan tinggi seni yang ada di Indonesia:

1. ISI JOGJA (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)

Hasil gambar untuk Institut Seni Indonesia Surakarta

Lembaga pendidikan tinggi seni negeri berdiri pada tanggal 23 Juli 1984 dan hingga sekarang telah memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa dan Fakultas Seni Media Rekam.

Kampus ISI Jogja berada diatas tanah seluas 18 hektar yang berlokasi di Panggungharjo, Sewon, Bantul – lingkungan pedesaan yang masih hijau, asri dengan udara yang masih segar. Meskipun di lingkungan pedesaan namun mudah dijumpai toko-toko alat tulis dan fotokopi, pasar swalayan, warung makan.

2. ISI SOLO (Institut Seni Indonesia Surakarta)

Hasil gambar untuk Institut Seni Indonesia Surakarta
Lembaga ini berawal dari Akademi Seni Karawitan Indonesia dan Akademi Seni Tari Indonesia. Pada tahun 2006 Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta berubah status menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Terdapat dua fakultas di ISI Surakarta, Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

Pasar Klewer dan Pusat Grosir Solo (PGS) menjadi pusat pemasaran produk batik khas Solo, sedangkan Galeri Senirupa TBS, Galeri Sudjatmoko Gramedia, dan lobi Teater Besar ISI Surakarta menjadi pusat kegiatan pameran senirupa.

3. ISI Denpasar (Institut Seni Indonesia Denpasar)

Hasil gambar untuk Institut Seni Indonesia Denpasar
ISI Denpasar didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia yang merupakan integrasi dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar dan Program Studi Seni Rupa dan Desain (PSSRD) Universitas Udayana.

STSI Denpasar sebelumnya bernama Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Denpasar, didirikan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bali pada tanggal 28 Januari 1967. Pendirian ASTI Denpasar dilandasi Pola Dasar Kebijaksanaan Pembinaan Kebudayaan Daerah Bali yang mengkhawatirkan beberapa bentuk kesenian tradisional Bali akan punah, sehingga perlu diadakan pendidikan kesenian bagi generasi muda sebagai pewaris dan penyelamat kebudayaan bangsa.

4. IKJ (Institut Kesenian Jakarta)

Gambar terkait
Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta melihat bahwa metropolitan internasional seperti Jakarta akan menjadi tempat yang kering dan miskin budaya bila tidak ada kehidupan dan pendidikan seni. IKJ telah berperan melahirkan seniman, desainer, pemusik, sineas dan berbagai tenaga profesional seni yang menghidupkan kegiatan budaya, kegiatan sosial dan kegiatan industri di Jakarta.

Selain menghasilkan lulusan yang berperan aktif dalam kehidupan seni dan budaya kota, IKJ juga menghasilkan tenaga profesional penggerak perkembangan Industri Kreatif Indonesia dan industri lain yang berbasis kesenian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *