Universitas di Indonesia yang Punya Gedung Desain Unik

Universitas di Indonesia yang mempunyai gedung desain unik

Jika dilihat sekilas gambar yang di bawah anda pasti tidak menyangka bahwa itu adalah gedung universitas di Indonesia yang mempunyai desain unik sehingga bisa mencuri perhatian bagi siapapun yang melihatnya. Berikut ini beberapa Universitas di Indonesia yang memiliki gedung yang keren serasa di luar negri.

1. The Crystal Of Knowledge – Universitas Indonesia (UI)

Hasil gambar untuk The Crystal Of Knowledge – Universitas Indonesia (UI)
Sesuai namanya “The Crsytal Of Knowledge”, tempat ini benar-benar mirip kristal, desain gedung dibuat dengan berbagai bagian mencuat tidak beraturan. Gedung unik ini dibangun selama 6 bulan dan menghabiskan biaya sebesar Rp.170 miliar. Gedung ini dijadikan Perpustakaan mempunyai tinggi 8 lantai. Bagian atapnya diisi dengan taman, sedangkan lantai bawah dilengkapi fasilitas jajanan, kedai kopi, resto, kafe, dan hot-spot area.

Gambar terkait

Tidak kalah hebatnya, gedung ini juga akan memakai konsep “Green Energy” yang sustainable dan sangat efisien. Seluruh kebutuhan listrik di gedung raksasa ini akan dipasok menggunakan tenaga Matahari.

2. New Media Tower – Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Hasil gambar untuk New Media Tower – Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
Kampus yang berlokasi di gading Serpong, Tangerang konsep arsitektur yang ramah lingkungan karena pengaplikasian double skin facade yang menggunakan alumunium panel dan itu bisa mengurangi panas hingga sebesar 70%.

Gambar terkait

Dinding gedung unik juga memiliki banyak pori dengan ukuran diameter yang berbeda sehingga bisa menghasilkan cahaya yang maksimal. Campuran super foam dengan beton akan mampu membuat dinding mengurangi panas dan juga meredam suara.

3. Binus Alam Sutera – Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Gambar terkait
Konsep dari gedung ini sendiri adalah zonasi teratur, ramah lingkungan juga hemat energi. Ini bisa dilihat dari desain kotak-kotak pada gedung juga menyediakan banyak jendela besar sebagai perantara sinar matahari ke dalam ruangan sehingga meminimalkan penggunaan lampu. Gedung yang dibangun pada tanah seluas 60 meter persegi ini memiliki sistem penampungan air hujan yang bisa dimanfaatkan untuk menyirami tanaman dan menyediakan air di toilet

4. Menara Pinisi – Universitas Negeri Makassar (UNM)

Gambar terkait
Bangunan gedung ini dari logo UNM, Perahu Phinisi, falsafah hidup orang Sul-Sel, dan Rumah Tradisional Makassar. Yang lebih uniknya lagi ketika malam gedung di lantai 12 ini menyala dengan dua belas warna berbeda-beda yang merupakan simbol dari jumlah fakultasnya. Gedung tertinggi pertama di Indonesia dengan menggunakan sistem fasade Hiperbolic Paraboloid.

5. Gedung Rektorat – Universitas Padjadjaran (Unpad)

Gambar terkait
Desain gedung rektorat Unpad Jatinangor ini menggunakan konsep “Lembur Awi”. Menggunakan karakteristik bambu sebagai konsep desain karena bagi masyarakat Sunda, bambu bisa menjadi berbagai macam fungsi mulai dari bahan bangunan, alat dapur, pakaian (topi), makanan (iwung/rebung), bahkan alat musik (angklung).

Hasil gambar untuk Gedung Rektorat - Universitas Padjadjaran (Unpad)

Ada dua model yang digunakan yaitu model ikatan sapu lidi berbentuk lingkaran dan konsep rumah panggung yang dibuat ke dalam bentuk modern. Selain itu, gedung yang mulai dioperasikan awal 2012 ini juga memakai dua konsep lansekap yaitu kebun bambu dan lansekap sawah serta perkampungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *