Universitas Teuku Umar

Universitas Teuku Umar di Aceh

UTU, singkatan dari Universitas Teuku Umar, merupakan perguruan tinggi yang berada di Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Universitas ini berdiri pada tanggal 10 November tahun 2006 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 1 April tahun 2014.

Berdirinya UTU

Pada awalnya usulan untuk mendirikan perguruan tinggi ini dikemukakan oleh para ulama dan pemuka masyarakat Aceh Barat pada tahun 1983. Kemudian mereka bersama-sama merintis sebuah yayasan yang bernama “Yayasan Pendidikan Teungku Dirundeng Meulaboh” pada tahun 1984 dengan kerjasama dari pemerintah Kabupaten Aceh Barat.

Yayasan tersebut resmi terbentuk pada tanggal 28 Agustus 1984 dengan Badan Hukum Akta Notaris Nomor 45 Tahun 1984 dengan Notaris Hamonongan Silitonga,SH di Banda Aceh. Dengan cita-cita mendirikan sebuah wadah perguruan tinggi di Aceh, tentunya diperlukan persiapan yang matang.

Awalnya mereka mengupayakan pendirian “Sekolah Pembangunan Pertanian” kemudian diikuti dengan “Akademi Pertanian Meulaboh” dan penataan kembali yayasan dengan Akta Perubahan AKTE Perubahan No.32 Tahun 1986 tanggal 16 Agustus dengan Notaris Munir,SH.

Kemudian pada tahun 2009, berdasarkan UU No.16 Tahun 2001 Jo UU No.28 Tahun 2004 Tentang Yayasan, “Yayasan Pendidikan Teungku Dirundeng Meulaboh” diubah menjadi “Yayasan Teuku Umar Johan Pahlawan (YAPENTUJOPAH)” AKTE No.155 Tahun 2009 Notaris Azhar Ibrahim,SH.

Asal Nama Universitas Teuku Umar

Teuku Umar merupakan Pahlawan Nasional Indonesia yang berasal dari Meulaboh, Aceh Barat. Ia dilahirkan pada tahun 1854 dari seorang kepala pemerintah Teuku Achmad Mahmud dari pernikahan dengan adik perempuan Raja Meulaboh dan mempunyai dua saudara perempuan dan tiga saudara laki-laki.

Filosofi Logo UTU

Universitas Teuku Umar

Arti dari lambang Universitas Teuku Umar adalah cerminan dari suatu lembaga berlandaskan sumber ilmu pengetahuan dan teknologi. Warna birunya dengan bentuk segi delapan melambangkan bingkai islami dan gambar Kupiah Meuketop melambangkan jiwa kepahlawanan seorang Teuku Umar.

Buku Terbuka dan Pena, melambangkan bahwasannya Universitas Teuku Umar mengamalkan Tridharma Perguruan Tinggi berlandaskan Pancasila. Gambar Padi dan Kapas melambangkan keadilan, kesejahteraan dan kemakmuran.

Fakultas yang tersedia di UTU adalah sebagai berikut :

  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Ekonomi

Comments are closed.